ANALISIS PENGETAHUAN MOTIVASI LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN PELAKU UMKM DI BPRS BUANA MITRA PERWIRA KARANGMONCOL

Septiani, Arofah (2023) ANALISIS PENGETAHUAN MOTIVASI LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN PELAKU UMKM DI BPRS BUANA MITRA PERWIRA KARANGMONCOL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septiani Arofah_Analisis Pengetahuan Motivasi Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pelaku UMKM Di BPRS Buana Mitra Perwira Karangmoncol.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan kegiatan usahanya seringkali mengalami masalah seperti kesulitan dan hambatan dalam permodalan. Maka dari itu, pelaku UMKM membutuhkan sistem pembiayaan yang lebih mendukung keberhasilan dari usaha mereka seperti sistem pembiayaan syariah. Dalam keputusannya mengambil pembiayaan pasti dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal dan eksternal. Seperti pengetahuan dan motivasi merupakan faktor internal dasar dari dalam diri seseorang yang dijadikan sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Sedangkan lokasi dan promosi merupakan faktor eksternal yang dapat membantu seseorang dalam memperoleh informasi mengenai perbankan syariah dalam memperoleh keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pengetahuan, motivasi, lokasi dan promosi yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembiayaan pelaku UMKM dalam di BPRS Buana Mitra Perwira Karangmoncol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kecamatan Karangmoncol dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman, koefisien konkordasi kendall w dan analisis regresi ordinal dengan menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di BPRS Karangmoncol, Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di BPRS Karangmoncol, Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di BPRS Karangmoncol, dan Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di BPRS Karangmoncol. Secara simultan Pengetahuan, Motivasi, Lokasi dan Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di BPRS Karangmoncol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Motivasi, Lokasi, Promosi, Pengambilan Keputusan Pembiayaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Septiani Arofah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:06
Last Modified: 31 Jan 2023 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item