KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI BANYUMAS

MUHAMMAD FAUZUL, HAKIM (2023) KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi Muhammad Fauzul hakim fiks banget 1717402234.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru adalah profesional yang bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik di pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, dasar dan menengah. Di Indonesia, sistem pendidikan memiliki permasalahan kompleks dari siswa, pendidik, sekolah dan lingkungan di luar sekolah yang mempengaruhi akhlak siswa. Seperti berita-berita yang viral di sosial media, ada beberapa anak yang sengaja memukuli seorang nenek yang sedang berjalan, tentu menjadi contoh bahwa akhlak siswa harus terus dikembangkan. Dalam hal ini tentu guru sebagai teladan yang baik diharapkan dapat membantu dalam pembentukan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran keteladanan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik di sekolah naungan pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini adalah lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek penelitian yaitu data dan informasi keteladanan guru di Madrasah Wustho Karangsuci. Sedangkan subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru/ustadz, dan siswa. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Wustho Karangsuci Banyumas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru sebagai teladan menjadi sosok sangat penting untuk membentuk para peserta didik menjadi insan dan generasi bangsa yang berakhlakul karimah sebagai contoh kepada agama yang lain bahwa keteladanan guru merupakan kunci segala kebaikan kepada peserta didik. Dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Wustho Karangsuci guru memberikan beberapa cara yang baik seperti melalui metode ceramah, kisah bermanfaat para nabi melalui kitab Khulasoh Nurul Yaqin, kitab-kitab akhlak ala Pesantren, guru mengajak sholat berjamaah bersama-sama, menunjuk sesuatu dengan ibu jari, berjalan sambil merendahkan kepala saat bertemu gurunya atau yang lebih tua, dan masih banyak lagi. Selain itu, di Madrasah Wustho Karangsuci dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa diberikan melalui ubudiyah, seperti menjalankan sholat secara berjamaah, membaca dzikir, dan berpuasa tidak hanya yang wajib saja melainkan yang sunnah ikut dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keteladanan, Akhlak, Madrasah Wustho Karangsuci
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fauzul Hakim
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:02
Last Modified: 31 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17863

Actions (login required)

View Item View Item