PROSES PENCAPAIAN REGULASI DIRI (Studi Deskriptif Terhadap Konselor Adiksi Mantan Pecandu NAPZA di Purbalingga dan Sragen)

Rachma, Azizah (2023) PROSES PENCAPAIAN REGULASI DIRI (Studi Deskriptif Terhadap Konselor Adiksi Mantan Pecandu NAPZA di Purbalingga dan Sragen). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rachma Azizah_PROSES PENCAPAIAN REGULASI DIRI (Studi Deskriptif Terhadap Konselor Adiksi Mantan Pecandu NAPZA di Purbalingga dan Sragen).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data statistic BNN terdapat kenaikan kasus penyalahgunaan NAPZA setiap tahunnya. Pengadaan program rehabilitasi bagi para korban penyalahguna NAPZA merupakan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi kasus ini. Dari hasil survei lapangan penulis hanya menjumpai tiga orang saja yang menjadi seorang Konselor Adiksi. Untuk meraih itu semua diperlukan adanya keberhasilan dalam regulasi diri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pencapaian regulasi diri mantan pecandu NAPZA yang menjadi Konselor Adiksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian merupakan tiga orang mantan pecandu NAPZA yang saat ini berprofesi sebagai Konselor Adiksi. Hasil penelitian didapati bahwa dalam proses pencapaian regulasi diri mereka terdapat beberapa aspek dan faktor yang mempengaruhi. Kemudian dalam pencapaiannya terdapat tiga langkah, yaitu observasi diri, evaluasi diri dan reaksi diri. Ketiga informan dalam penelitian ini berhasil meregulasi dirinya sebab mereka berhasil sembuh dari kecanduan dan sudah dapat menjadi manusia yang lebih baik bahkan menjadi seorang pendamping rehabilitasi sosial NAPZA (Konselor Adiksi). Adanya dukungan dari keluarga tentu saja menjadi salah satu peran penting yang mampu memotivasi mereka untuk menjadi pribadi yang sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Mantan Pecandu NAPZA, Konselor Adiksi.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adi Nugroho sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:58
Last Modified: 31 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17851

Actions (login required)

View Item View Item