IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PERSPEKTIF MAQASID AL SYARIAH (STUDI PUTUSAN NOMOR 2/PID.SUS-ANAK/2021/PN BNR)

Herlinda, Sekarsari (2023) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PERSPEKTIF MAQASID AL SYARIAH (STUDI PUTUSAN NOMOR 2/PID.SUS-ANAK/2021/PN BNR). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Herlinda Sekarsari_Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Hak Anak Pelaku Tindak Pidana Perspektif Maqasid Al-Syari'ah (Studi Putusan Nomor 2Pid.Sus-Anak2021Pn Bnr).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perlindungan terhadap anak merupakan sebuah tanggung jawab orang tua, keluarga bahkan masyarakat. Karena anak tidak dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai ancaman. Perlindungan hukum terhadap hak anak perlu diperhatikan seperti halnya pada Putusan Hakim Pengadilan Negeri Banjarnegara yang telah melaksanakan suatu proses persidangan terhadap anak bermasalah dengan hukum. Dimana putusan tersebut telah memenuhi hak anak sebagai pelaku tindak pidana dengan melihat dari Undang-Undang Perlidungan Anak dan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak serta dilihat dari kemaslahatan atau ditinjau dari Maqāṣid Al-Syarȋ’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap hak anak pelaku tindak pidana pada putusan pengadilan nomor 2/pid.sus-anak/2021/pn bnr dan dalam perspektif Maqāṣid Al�Syarȋ’ah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis kepustakaan (library research). Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi perlindungan hukum terhadap hak anak pelaku tindak pidana dalam putusan nomor 2/pid.sus�anak/2021/pn bnr telah terpenuhi. Hal ini berdasarkan hasil penelitian bahwa hakim memutuskan anak untuk berada dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) serta mendapatkan pelatihan kerja di Yayasan Alif Baa pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin yang berada di Mantrianom, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara. Implementasi perlindungan hukum terhadap hak anak pelaku tindak pidana dalam maqāṣid al-syarȋ’ah pada tingkatan pemeliharaan agama, pemeliharaan jiwa, dan pemeliharaan akal telah terpenuhi dengan putusan hakim yang memberikan pelatihan kerja di pondok pesantren, memberikan pembinaan terhadap anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, serta memberikan kesempatan kepada anak untuk mengikuti pembelajaran kejar paket B dan C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Anak, Maqāṣid Al-Syarȋ’ah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Shela Ayu Lestari sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:36
Last Modified: 31 Jan 2023 07:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17843

Actions (login required)

View Item View Item