TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PEMUSNAHAN BARANG RAMPASAN NARKOTIKA DI KOTA PURWOKERTO

SIDIK, ADI PURNAMA (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PEMUSNAHAN BARANG RAMPASAN NARKOTIKA DI KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SIDIK ADI PURNAMA_TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PEMUSNAHAN BARANG RAMPASAN NARKOTIKA DI KOTA PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemusnahan merupakan tindakan yang dilakukan untuk penegakan hukum oleh aparat penegak hukum. Barang rampasan merupakan barang bukti yang pada putusannya dirampas untuk negara atau dimusnahkan. Pelaksanaan pemusnahan mempunyai aturan mekanisme dan dilakukan dilakukan dengan beberapa cara. Penegakan hukum terhadap barang rampasan narkotika dilakukan melalui proses hukum berupa putusan pengadilan sampai eksekusi putusan oleh aparat penegak hukum yaitu kejaksaan. Penegakan hukum di wilayah hukum kejaksaan negeri purwokerto dalam pemusnahan barang rampasan narkotika menjadi salah satu contoh bahwa penegakan hukum belum sesuai peraturan. Penelitian yang dilakukan di Kejaksaan Negeri Purwokerto ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemusnahan barang rampasan narkotika yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan mengetahui faktor yang menjadi kendala. Penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis yang bersumber pada data primer dengan melakukan wawancara kepada pihak Kejaksaan Negeri Purwokerto dan mengolah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan fakta-fakta bahwa pelaksanaan pemusnahan barang rampasan di Kejaksaan Negeri Purwokerto belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan mekanisme lainnya, dimana disimpan dan dikumpulkan terlebih dahulu. Peraturan belum bisa dilaksanakan dengan baik karena dirasa merepotkan, jarak rumah penyimpanan yang jauh dan singkatnya waktu yang diberikan menjadi kendala dalam pemusnahan. Biaya dan fasilitas merupakan faktor yang menjadi kendala terlaksananya pemusnahan sesuai dengan peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemusnahan, Barang Rampasan, Narkotika
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Sidik Adi Purnama sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:38
Last Modified: 31 Jan 2023 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item