TANGGUNGJAWAB KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN BARANG DI TEMPAT PENITIPAN PERSPEKTIF TEORI WADI‘AH (Studi Kasus Pengelola Parkir di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto)

Mohamad Althaf, Rafsanjani (2023) TANGGUNGJAWAB KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN BARANG DI TEMPAT PENITIPAN PERSPEKTIF TEORI WADI‘AH (Studi Kasus Pengelola Parkir di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD ALTHAF RAFSANJANI_TANGGUNGJAWAB KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN DI TEMPAT PENITIPAN PERSPEKTIF TEORI WADI'AH (Studi Kasus Pengelola Parkir di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Parkir merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam bentuk jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Kebutuhan akan lahan parkir merupakan salah satu permasalahan lingkungan karena semakin banyak volume kendaraan di suatu daerah maka semakin banyak pula lahan parkir yang dibutuhkan. Kota Purwokerto mempunyai banyaknya pertokoan, mall, hotel serta wisata sehingga membutuhkan tempat parkir yang memumpuni. Dalam hal tanggungjawab berkerja tentunya setiap pengelola parkir harus melaksanakan tanggungjawab dan tugasnya kepada konsumen jasa parkir demi kenyamanan dan keamanan para konsumen jasa parkir. Namun pada implementasinya seperti halnya di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto masih terdapat kendaraan maupun barang yang mengalami kerusakan ataupun kehilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep parkir di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto dan untuk mengetahui perspektif wadi>‘ah terhadap konsep parkir di Rita Pasaraya Supermall Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researceh). Pendeketan yang diterapkan pada penelitian ini adalah kualitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verikasi. Penelitian ini menunjukan bahwa Wadi>’ah Yad Ama>nah merupakan salah satu akad penitipan suatu barang dimana pihak yang menerima (mustawda’) tidak diperkenankan untuk menggunakan atau memanfaatkan barang yang dititipkan. Kemudian pengelola parkir (mustawda’) juga diperkenankan untuk mengenakan biaya administrasi (Fee) atas penjagaan terhadap barang. Sedangkan konsumen (muwaddi’) mendapatkan manfaat atas penjagaan dan perlindungan pertanggungjawaban apabila kendaraan atau barang yang dititipkan mengalami kerusakan ataupun kehilangan yang disebabkan kelalaian oleh pihak pengelola parkir (mustawda’).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parkir, Wadi’ah Yad Amanah, Tanggungjawab
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MOHAMAD ALTHAF RAFSANJANI
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:35
Last Modified: 31 Jan 2023 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

View Item View Item