ANALISIS PENGARUH RELIGIOUS BELIEFS, SELF IDENTITY DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP KESADARAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI DI PURWOKERTO)

Muna, Hamdunah (2023) ANALISIS PENGARUH RELIGIOUS BELIEFS, SELF IDENTITY DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP KESADARAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muna Hamdunah_ Analisis Pengaruh Religious Beliefs, Self Identity Dan Media Exposure Terhadap Kesadaran Konsumen Dalam Menggunakan Kosmetik Halal (Studi Kasus Pada Mahasiswi Di Purwokerto).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, populasi penduduk muslim dunia terus bertambah, khususnya di Indonesia. Kondisi ini diperkuat dengan meningkatnya kesadaran umat muslim untuk mengutamakan konsumsi produk halal. Dahulu jika isu halal hanya mengenai soal makanan, namun pada saat ini isu produk halal merambah ke berbagai sektor kehidupan termasuk pada kosmetik yang digunakan. Teknologi dan pengetahuan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu, maka kebutuhan dalam dunia kecantikan terus meningkat. Kita sebagai umat muslim harus menggunakan kosmetik yang halal sesuai dengan perintah Islam. Berdasarkan penelitian terdahulu terdapat tiga faktor yang menjadi pengaruh konsumen sadar akan produk halal yang mereka gunakan diantaranya yaitu religious beliefs (keyakinan agama), self-identity (identitas diri) dan media exposure (paparan media). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis: a. pengaruh Religious Beliefs terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal, b. pengaruh Self Identity terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal, c. pengaruh Media Exposure terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal, d. Untuk menganalisis pengaruh Religious Beliefs, Self Identity, dan Media Exposure terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah Mahasiswi di Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan probability sampling dengan cara Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Religious Beliefs, Self Identity, Media Exposure secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal pada mahasiswi di Purwokerto. Kemudian variabel Religious Beliefs, Self Identity, Media Exposure secara simultan berpengaruh terhadap Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal pada mahasiswi di Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Religious Beliefs, Self Identity, Media Exposure, Kesadaran Halal, Halal Kosmetik.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MUNA HAMDUNAH sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:35
Last Modified: 31 Jan 2023 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item View Item