SOLIDARITAS SOSIAL PEDAGANG PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI KEMITRAAN BSI DAN BMT (STUDI KASUS PADA PEDAGANG PASAR TUMENGGUNGAN KEBUMEN)

Agus, Misbahudin (2023) SOLIDARITAS SOSIAL PEDAGANG PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI KEMITRAAN BSI DAN BMT (STUDI KASUS PADA PEDAGANG PASAR TUMENGGUNGAN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AGUS MISBAHUDIN_SOLIDARITAS SOSIAL PEDAGANG PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI KEMITRAAN BSI DAN BMT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kerjasama dan solidaritas sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuannya. Menurut Emile Durkheim solidaritas sosial dibedakan menjadi dua jenis yaitu solidaritas mekanik dan organik. Solidaritas di masa pandemi covid-19 merupakan hal penting dikarenakan pandemi covid-19 telah merubah tatanan kehidupan. Pandemi covid-19 yang berkepanjangan membuat para pedagang khususnya pasar tradisional mengalami penurunan pendapatan. Sehingga pedagang kesulitan untuk memutar keuangannya untuk berjualan lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solidaritas yang terbentuk antar pedagang pasar tradisonal dalam rangka meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19 melalui perantara atau kemitraan BSI dan BMT. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualtatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen yang mempunyai pinjaman di BSI dan BMT. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen terlihat memiliki bentuk solidaritas mekanik, dan juga ada beberapa unsur solidaritas organiknya. Di sisi lain untuk kerjasama dengan lembaga keuangan syariah dapat disimpulkan bahwasannya pedagang pasar Tumenggungan Kebumen merasa sangat terbantu dengan adanya pinjaman sehingga bisa tetap bisa berjualan dan mendapatkan penghasilan. Pedagang juga terbantu dengan syarat pinjaman yang dipermudah dan dana yang diajukan cepat cair, serta bentuk keringanan berupa perpanjangan waktu, keringanan boleh libur saat sepi berjualan, penundaan angsuran dan juga program-program pendampingan dan pelatihan, yang bisa meningkatkan pendapatannya. Kata Kunci: Solidaritas Sosial, Mekanik dan Organik, Covid-19, BSI, BMT Pedagang Pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial, Mekanik dan Organik, Covid-19, BSI, BMT Pedagang Pasar
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Agus Misbahudin sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:07
Last Modified: 31 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item