STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA PEDAGANG SEMBAKO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PASAR JATILAWANG, KABUPATEN BANYUMAS)

Feni, Slamet Riyanty (2023) STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA PEDAGANG SEMBAKO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PASAR JATILAWANG, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FENI SLAMET RIYANTY_STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA PEDAGANG SEMBAKO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PASAR JATILAWANG, KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi penetapan harga adalah kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan harga produk yang mereka jual.Pemilihan strategi penetapan harga yang tepat penting untuk mencapai tujuan perusahaan.Harga mempengaruhi permintaan, keuntungan, dan posisi produk pasar.Konsep penetapan harga dalam Islam adalah harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran dan keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan para pihak yang terlibat di pasar.Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk bisa mempertahankan usaha bisnis para pedagang sembako meskipun persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penetapan harga sembako yang dilakukan pedagang sembako di Pasar Jatilawang Kabupaten Banyumas serta dilihat dari perspektif ekonomi Islam.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu studi yang diterapkan dengan pendeskripsian dari kasus yang dihasilkan dengan menggunakan kata-kata yang jelas.Sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder.Metode pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi penetapan harga pada pedagang sembako di Pasar Jatilawang Kabupaten Banyumas adalah harga yang berlaku dipasaran dan kebijakan harga yang kompetitif atas barang yang berkualitas tinggi serta dipengaruhi oleh mekanisme pasar (permintaan dan penawaran).Berdasarkan perspektif ekonomi Islam mengenai strategi penetapan harga produk sembako di Pasar Jatilawang secara umum telah sesuai dengan ketentuan ekonomi Islam. Hal ini terlihat dari cara penetapan harga yang dilakukan oleh pedagang yang berdasarkan permintaan dan penawaran, dilihat dari sisi keadilan harga serta keuntungan yang diambil oleh para pedagang, dan produksi juga sudah memenuhi kriteria Syariah Islam, tidak menjual barang yang diharamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penetapan Harga, Pedagang, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Feni Slamet Riyanty
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:59
Last Modified: 31 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item