PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA SENTRA IBADAH DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISTIQOMAH SAMBAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PRIMAYANTI NURKHASANAH, 102331099 (2014) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA SENTRA IBADAH DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISTIQOMAH SAMBAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
PRIMAYANTI NURKHASANAH_PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA SENTRA IBADAH DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa,makaanakdiharapkanmenjadi orang yang baik danshaleh. Namunrealitasnya, masihbanyakanakdidik yang mngalamikrisis moral, keadaan yang demikianitutidaklepasdari basic pendidikannyapadamasalampau.Makaperludioptimalkanpadabidangpengembanganni lai-nilai agama danmoral, yang merupakansalahsatubidangpengembanganpembiasaan di Taman Kanak-Kanak yang mengupayakananakuntukmeningkatkanketakwaananakterhadapTuhanYang MahaEsadanmembinasikapanakdalamrangkameletakkandasar agar anakmenjadiwarganegara yang baikdandilakukansecaraterusmenerus agar menjadikebiasaan yang baikpula. Untukmengembangkanaspeknilai-nilai agama dan moral anak, makadalampembelajaranharuslahmenggunakan model pembelajaran yang sesuaidenganperkembangananak.Model pembelajaran sentra merupakansuatu pendekatan dalam pendidikan anak usia dini yang mendasarkan kegiatan bermain sesuai dengan tahapan perkembangananak. Ada beberapamacamsentra yang adapadalembaga PAUD, sentraibadahmerupakansentra yang tepatkarenasentraibadahbertujuanuntukmengenalkanperibadatan (imandantakwa) dirancangsebagaitempatbermainsambilbelajargunamengembangkankemampuandasar keimanan, ketakwaan, danakhlakulkarimah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research),dengan jenis penelitiannya kualitatif.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan, bagaimanapengembangannilai-nilai agama dan moral berbasis model pembelajaransentra di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga? Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif. Hasilpenelitianiniadalah: Ruanglingkupnilai-nilai agama dan moral yang dikembangkanpadasentraibadahadalahmengenalagama danTuhannya, pembiasaanberibadah,berdo’asebelumdansesudahkegiatan, beribadahtepatwaktu, memahamiperilakumuliasepertijujur, penyayang,sopan, tanggungjawabdan lain sebagainya. AlatPermainanEdukatifyang digunakanuntukpengembangannilai-nilai agama dan moral disesuaikandengantemadankegiatan yang akandilakukan,sepertipuzzle masjid, hurufhijaiyah, urutangerakanshalat, danlain sebagainya. Metodeyang digunakanyaitumetodepembiasaan, keteladanan, pemberiannasehat, pengawasan, pemberian reward danhadiah, bercerita, danpermainanbernyanyi.Evaluasi yang dilakukanoleh guru yaitupengamatanlangsung (observasi)mencatatkegiatandanmendokumentasikanperkembangandankaryasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangannilai-nilai agama dan moral, sentraibadah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:30
Last Modified: 05 Dec 2016 04:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item