PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DI MTS BUSTHOMIYYAH BANTARSARI CILACAP

Mohamad, Jalaludin (2023) PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DI MTS BUSTHOMIYYAH BANTARSARI CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mohamad Jalaludin_Pembelajaran Akhlak Berbasis Kitab Ta'limul Muta'allim di MTs Busthomiyyah Bantarsari Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern saat ini seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sering terjadi terhadap maraknya kenakalan remaja entah itu tidak bersekolah maupun saat masih sekolah. Peran pembelajaran akhlak bisa dijadikan penunjang untuk membentuk karakter siswa, agar ketika para siswa terjun kemasyarakat sudah mempunyai etika baik untuk membentuk masyarakat yang lebih baik. Sehingga perlu adanya inovasi perkembangan kurikulum yang harus mengikuti kebutuhan siswa. Selain menerapkan kurikulum dari kemenag, salah satunya dengan mengadakanya kurikulum pesantren yakni melalui pembelajaran akhlak dengan kitab Ta’limul Muta’allim karya syekh az-zarnuji merupakan pengembangan pembelajaran yang dilaksanakan MTs Busthomiyyah Bantarsari sebagai program unggulan. Tujuan dilakukanya penelitian di MTs Busthomiyyah Bantarsari Cilacap adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran akhlak berbasis kitab Ta’limul Muta’allim dari aspek perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitiannya diantaranya kepala seklah dan jajaranya, guru mata pelajaran akhlak berbasis kitab dan siswa Madrasah Tsanawiyah Busthomiyyah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran akhlak berbasis kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Busthomiyyah kecamatan Bantarsari kabupaten Cilacap meluputi: 1) Perencanaan pembelajaran akhlak melalui kegiatan merumuskan, menetapkan dari tujuan pembelajarnya dan mempersiapkan materi yang dipelajari. (2) Pelaksanaan Pemelajaran Akhlak di MTs Busthomiyyah mengutamakan kepada kemampuan dari guru dalam menginteraksikan materi melalui metode sorogan, bandongan, ceramah dan pemberian nasehat dengan tahap pra pembelajaran, pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dan penutup pembelajaran. (3) Evaluasi yang diterapkan pada pembelajaran akhlak menggunakan penilaian melalui akhir semester dan harian berbentuk formatif (tes secara lisan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Kitab Ta’limul Muta’allim, Pelaksanaan, Pembelajaran, Syekh Az-Zarnuji
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Jalaludin sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:51
Last Modified: 31 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item