PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO

Muhamad, Iqbal (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhamad Iqbal_Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 1 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pengembangan kurikulum 2013, ada beberapa hal yang baru salah satunya adalah adanya pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan untuk membangun bentuk sikap keterampilan dan pengetahuan pada siswa dalam pelajaran. Dalam kurikulum 2013 pendekatan saintifik meliputi lima kegiatan inti, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mempresentasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran saintifik pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian lapangan (field reaserch), kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Purwokerto dengan metode mualitatif dan pendekatan deskriptif. Adapun pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi, display (penyajian), triangulasi data dan verifikasi (penarik kesimpulan). Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pada tahapan mengamati guru menyatakan bahwa mengamati dilakukan siswa di dalam kelas saat mengamati gambar dari papan tulis, buku, ataupun proyektor. Untuk kegiatan menanya, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, atau dibaca. Pada kegiatan menanya guru menyediakan kotak pertanyaan bagi siswa yang malu bertanya. Kegiatan mengumpulkan informasi merupakan tindak lanjut dari bertanya, kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. Kegiatan mengasosiasi merupakan proses informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan atau eksperimen maupun hasil kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kegiatan mengkomunikasikan, dalam kegiatan ini guru menyuruh siswa kelas VIII A melakukan presentasi di depan kelas atau dengan membacakan hasilnya, Penerapan pembelajaran melalui pendekatan saintifik terlihat bahwa peserta didik aktif dalam pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, SMP Negeri 1 Purwokerto, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Muhamad Iqbal sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:27
Last Modified: 31 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item