PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN, KEAMANAN, DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) (STUDI KASUS PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO)

Heni, Anisatul 'Aliyah (2023) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN, KEAMANAN, DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) (STUDI KASUS PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Heni Anisatul ‘Aliyah_Pengaruh Persepsi Penggunaan, Keamanan, Dan Kebermanfaatan Terhadap Keputusan Bertransaksi Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) (Studi Kasus Pegadaian Cabang Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) adalah satu fasilitas dalam bentuk digital yang dimiliki oleh PT. Pegadaian yang berbasis sistem dan smartphone. Aplikasi PDS dapat memberikan pelayanan kepada nasabah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari produk-produk yang ada didalam aplikasi tersebut. Layanan baru ini menawarkan kemudahan, keamanan, dan manfaat bagi nasabah mulai dari melakukan pengajuan gadai atau pengajuan kredit mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi penggunaan, keamanan, dan kebermanfaatan terhadap keputusan bertransaksi nasabah menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di Pegadaian Cabang Purwokerto. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan metode penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden sebanyak 99 sampel melalui teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah yang mana sudah memiliki user di aplikasi PDS. Untuk teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statictical Product and Service Solution) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi penggunaan dan kebermanfaatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi nasabah sedangkan variabel keamanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan bertransaksi nasabah. Sementara berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 24.704 > 2.70 dan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Penggunaan, Keamanan, Kebermanfaatan, Keputusan, Pegadaian Digital Service
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Heni Anisatul 'Aliyah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:26
Last Modified: 31 Jan 2023 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item