ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) UNTUK BEKERJA KE LUAR NEGERI DI KABUPATEN CILACAP

Jaenal, Faturahman (2023) ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) UNTUK BEKERJA KE LUAR NEGERI DI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Jaenal Rizqi F_ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) UNTUK BEKERJA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Faktor utama yang mempengaruhi masyarakat Indonesia bekerja di luar negeri adalah soal pendapatan. Pendapatan adalah sejumlah penghasilan yang diperoleh masyarakat atas prestasi kerjanya dalam periode tertentu, baik harian mingguan, bulanan maupun tahunan (Sukirno, 2006) dalam Tamungku (2019).Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten yang mengirim tenaga kerja terbanyak ke luar negeri se Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bekerja ke luar negeri asal Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif yaitu metode yang menjelaskan secara sistematis faktual dan akurat mengenai suatu objek yang diteliti. Tujuan dari metode ini adalah untuk mencari ada tidaknya pola hubungan dan sifat hubungan dua variabel atau lebih sertai untuk menguji hipotesis (Nasir, 1998). Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa umur, pendapatan dan status pernikahan tidak berpengaruh terhadap minat pekerja migran indonesia. Sedangan beban tanggungan keluarga dan pendidikan menunjukan berpengaruh terhadap minat pekerja migran indonesia. Kata kunci : Umur,Pendapatan, Status Pernikahan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Pendidikan, Minat Pekerja Migran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Umur,Pendapatan, Status Pernikahan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Pendidikan, Minat Pekerja Migran.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jaenal Rizqi Faturahman sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:24
Last Modified: 31 Jan 2023 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17604

Actions (login required)

View Item View Item