Pengaruh Model Pembelajaran Team Teaching dengan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAN Purbalingga

Lubna, Lubna (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Team Teaching dengan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAN Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Lubna-1817407061.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team teaching dengan metode mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas XI MAN Purbalingga. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu keterampilan pada diri peserta didik agar mampu memecahkan masalah matematika, masalah dalam ilmu lain dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah penggunaan model/ metode pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu menggunakan model pembelajaran team teaching dengan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran team teaching dengan metode mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Purbalingga dengan jumlah 394 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa test yang terdiri dari pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Diambil dari hasil Uji N-Gain diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,58. Sedangkan kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,28. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team teaching dengan metode mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Teaching, Mind Mapping, Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Lubna Lubna
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:11
Last Modified: 31 Jan 2023 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17575

Actions (login required)

View Item View Item