ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB “DURUUSUL LUGHAH AL’ARABIYYAH LIL ATHFAAL” DI SD I PLUS MASYITHAH KECAMATAN KROYA

Pita Bismiati, 1223302040 (2016) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB “DURUUSUL LUGHAH AL’ARABIYYAH LIL ATHFAAL” DI SD I PLUS MASYITHAH KECAMATAN KROYA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
PITA BISMIATI_ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu kompenan dalam pendidikan. Buku ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Belum semua sekolah mempunyai kesempatan memperoleh buku ajar yang cukup, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pengadaan buku ajar disekolah masih terbatas pada alokasi dana, dan guru lebih banyak menggunakan buku ajar yang sudah jadi. Padahal para guru dapat mengambil kesempatan ini untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam memanfaatkan bahan alam yang ada disekitarnya untuk dijadikan bahan ajar. Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran di SD I Plus Masyithah Kroya. Dan buku ajar Duruusul Lughah Al’Arabiyah Lil Athfaal merupakan buku pegangan guru dan murid ketika proses pembelajaran Bahasa Arab berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Duruusul Lughah Al’Arabiyah Lil Athfaal di SD I Plus Masyithah Kroya?”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu suatu bentuk penelitian yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif, yaitu dengan menganalisis obyek penelitian dan kemudian mendeskripsikannya apa adanya. Adapun penelitian lapangan (field research) hanya sebagai pendukung penelitian. Penelitian lapangan (field reasearch) yang bersifat studi kasus, yaitu penelitian yang didalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Kasus-kasus dibatasi oleh waktu dan aktivitas. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan cara mendatangi lokasi penelitian dan sumber data untuk mendapatkan informasi pendukung yang dibutuhkan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Duruusul Lughah Al’Arabiyah Lil Athfaal sebagai data primer dan pengarang, serta pengguna buku sebagai sumber data sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian tentang Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Duruusul Lughah Al’Arabiyah Lil Athfaal di SD I Plus Masyithah Kroya, diperoleh hasil bahwa buku ajar sudah memenuhi kualifikasi standar buku ajar yang baik, akan tetapi memang perlu adanya perbaikan pada bagian-bagian tertentu. Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya buku ajar tersebut ketika proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung, isi materi yang ada pun sudah sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Ajar Bahasa Arab, Duruusul Lughah Al’Arabiyyah Lil Athfaal.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:04
Last Modified: 01 Dec 2016 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item