ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BENIH PADI SISTEM BAWANGAN (Studi Kasus di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap)

Ainun wahidatur, Rohmah (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BENIH PADI SISTEM BAWANGAN (Studi Kasus di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AINUN WAHIDATUR ROHMAH_ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BENIH PADI SISTEM BAWANGAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta atau benda dengan uang dengan pelepasan hak kepemilikan atas dasar kerelaan. Dalam praktik jual beli benih padi sistem bawangan di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten masih terdapat kesamaran obyeknya, akadnya pun belum jelas. Melihat permasalahan tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: yang pertama praktik jual beli benih padi sistem bawangan di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, yang kedua analisis hukum islam terhadap praktik jual beli benih padi sistem bawangan di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitianvyang dalam pengumpulan datanya dilakukanosecara langsung di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer ialah data-datalyang diperoleh didapatkan langsung dari proses observasixserta melakukan wawancara terhadap penjual benih padi dan petani pembeli benih padi di Desa Kalijeruk, serta sumber data sekunder yaitu sumber data ialah data yang diperoleh dari berbagai dokumen diantaranya tabel,scatatan, dan lain-lain, foto-foto yang dapat memperkuat datasprimer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik jual beli benih padi sistem bawangan di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten hukumnya sah karena didasari oleh rasa suka rela antar kedua pihak serta praktik jual beli tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat meskipun tidak ada kejelasan didalam takaran atau timbangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Jual Beli, Bawangan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ainun wahidatur Rohmah
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:58
Last Modified: 31 Jan 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item View Item