IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI NU 03 SITUWANGI KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Syifa, Khulyatun Afifah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI NU 03 SITUWANGI KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYIFA KHULYATUN AFIFAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI NU 03 SITUWANGI.pdf - Draft Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi awal yang dibutuhkam dalam membangun bangsa. Karakter yang berkualitas dibentuk dan dibina sejak usia dini karena usia dini merupakan masa yang tepat dalam pembentukan karakter dalam diri seseorang. Akan tetapi, masih terlihat peserta didik yang belum memiliki karakter yang baik, misalnya dalam cara berpakaian, minimnya kedisiplinan, kejujuran serta rasa tanggung jawab sebagai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI NU 03 Situwangi Kecamatan Rakit Kabupaten Banjernegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrsah, Wali Kelas IV dan peserta didik kelas IV. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi terkait kondisi fisik maupun non fisik serta penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh informasi dokumen yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan keagamaan di MI NU 03 Situwangi Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Kegiatan keagamaan yang meliputi, berdoa sebelum dan sesudah belajar, gerakan dan bacaan sholat, sholat berjama’ah, infak disetiap hari Jum’at, pembiasaan mengucapan salam. Nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan keagamaan yakni, religius, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, mandiri, ikhlas, percaya diri, peduli sosial dan santun. Kendala yang dihadapi Madrasah dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu pada saat pembiasaan sholat dhuha peserta didik jajan, tidak menyiapkan uang untuk infak di hari Jum’at, kurangnya kesadaran dari orang tua akan pentingnya dampingan terhadap anak. Solusi yang diberikan dari pihak Madrasah terkait kendala yang dialami oleh pendidik di Madrasah, yaitu dengan mengajak orang tua berperan aktif dalam kegiatan pembiasaan beribadah untuk mendukung kegiatan pembiasaan beragama. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembiasaan Kegiatan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembiasaan Kegiatan Keagamaan.
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUHAMMAD RAFII KUMAR sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:58
Last Modified: 31 Jan 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item