PENGGUNAAN STRATEGI DIALOG MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD AISYIYAH PLUS 01 CILACAP

Nadiya, Salsabila (2023) PENGGUNAAN STRATEGI DIALOG MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD AISYIYAH PLUS 01 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadiya Salsabila_Penggunaan Strategi Dialog Memorization dalam Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Aisyiyah Plus 01 Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan usaha dasar dalam proses pembelajaran secara aktif yang berpotensi mengembangkan intelektual, kepribadian, agama, keterampilan, serta akhlak mulia. Saat ini bahasa Arab sudah banyak diterapkan pada lembaga pendidikan sekolah Islam, mayoritas mata pelajaran dan berinteraksi di lingkungan sekolah menggunkan bahasa Arab. Hal penting yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dalam berbahasa Arab ialah menerapkan metode audiolingual. Salah satu cara mengajarkan metode audio lingual yaitu melalui strategi dialog memorization. Dialog memorization adalah suatu strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yakni dengan cara para siswa menirukan, menghafalkan, dan melafalkan dialog yang telah diucapkan oleh guru sebelumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang lebih bervariatif, untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang penggunaan strategi dialog memorization dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di SD Aisyiyah Plus 01 Cilacap. Jenis penelitian ini yakni penelitian di lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah penggunaan strategi dialog memorization dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang berisi aktivitas analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung sampai tuntas, aktivitas tersebut yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dialog memorization dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di SD Aisyiyah Plus 01 Cilacap melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dengan adanya penerapan strategi tersebut dapat memberikan dampak positif dalam pembelajaran bahasa Arab yakni para siswa mampu menghafal dan melafalkan kalimat bahasa Arab dengan fasih, sehingga siswa menjadi terbiasa membuat pola kalimat dan mempraktikan percakapan berbahasa Arab serta menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari percakapan bahasa Arab. Selain itu dengan penggunaan strategi dialog memorization membantu guru dalam mengajarkan audio lingual bahasa Arab kepada siswa, serta mampu mengembangkan kreatifitas penggunaan media pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio lingual, Dialog Memorization, SD Aisyiyah Plus 01 Cilacap
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadiya Salsabiila
Date Deposited: 21 Jan 2023 02:03
Last Modified: 21 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item View Item