PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nur Asiyah, 1123306145 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_BabV_Daftar Pustaka.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
Nur Asiyah_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Selama ini hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik kelas IV MI Ma’arif Banteran materi pokok Koperasi masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukan pada nilai yang masih rendah belum mencapai nilai KKM, nilai KKM IPS adalah 75. Sedangkan ketuntasan belajar hanya 27,59%, dikarenakan selama ini guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang mampu untuk memahami materi yang diajarkan guru. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPS menggunakan Strategi Index Card Match melalui penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah jika pembelajaran IPS materi pokok koperasi menggunakan strategi index card match akan terjadi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IV MI Ma’arif Banteran tahun pelajaran 2013/2014 ?” Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa, dengan subyek penelitian meliputi guru dan siswa kelas IV. Jenis metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokuentasi. Menggunakan analisis deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2014, dan silkus II dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2014. Dari penelitian yang telah dilakukan maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I berhasil menuntaskan 19 dari 29 siswa dengan prosentase 65,52% dan pada siklus II berhasil menuntaskan 26 dari 29 siswa dengn angka prosentase 89,66%. Berdasrkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Banteran Kecamatan Sumbang Banyumas dalam pembelajaran IPS materi pokok kopearasi. Kata kunci : hasil belajar, mata pelajaran IPS, strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 06:28
Last Modified: 01 Dec 2016 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item