IMPLEMENTASI PENDIDIKAN EKO-PROFETIK BAGI POLA HIDUP SEHAT SANTRI (Studi Etnografi di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto)

Ofi Afiatun, Hindun Ulfah (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN EKO-PROFETIK BAGI POLA HIDUP SEHAT SANTRI (Studi Etnografi di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto). Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
OFI AFIATUN HINDUN ULFAH_Tesis.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Hubungan manusia dengan lingkungan tidak bisa dipisahkan, dimana manusia membutuhkan lingkungan untuk tetap hidup dan lingkungan butuh manusia untuk merawat serta menyuburkannya. Namun hubungan keduanya kini mulai renggang dibuktikan dengan banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi selain karena faktor alami juga ulah manusia yang kurang bertanggung jawab. Anggapan negatif pesantren itu kumuh, kotor dan sumber penyakit kulit, kini mulai terpatahkan dengan lahirnya pesantren yang memiliki peran penting terhadap lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu pesantren hadir untuk menjadi salah satu solusi agar hubungan manusia dengan alam dapat terjalin baik kembali. Selain pesantren mampu mencetak manusia yang faham akan agama juga manusia sebagai agent of change berlandaskan insan rahmatan lil alamin, yaitu profetik. Suatu pendekatan kenabian yang akan membentuk manusia berakhlak mulia yang mampu mengamalkan pilar-pilar kehidupan Transendensi, Humanisasi dan Liberasi. Demikian menarik untuk dilakukan kajian mendalam untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan eko-profetik bagi pola hidup sehat santri. Penelitian ini mengambil fokus di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Metode yang digunakan ialah paradigma kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam semi terstruktur dan telaah dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian disajikan secara deskriptif￾analitik dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implemetasi Eko-Profetik bagi pola hidup sehat santri di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Eko￾Profetik Bagi Pola Hidup Sehat Santri yaitu: a. Eko-Transendensi (Manusia dengan Tuhan) berupa kegiatan rutin dzikir (wirid dan doa), kebersihan, pola hidup sehat santri berupa pola tidur, Qiyamul lail, menanam pohon dan bunga; b. Eko-Humanisasi (Amar Ma’ruf) berupa: menjaga lingkungan agar tetap bersih, rapih dan sehat, toleransi. berlomba-lomba dalam kebaikan, saling mengingatkan untuk beribadah, merawat tanaman. c. Eko- Liberisasi (Nahi Munkar) berupa: Sidakan terhadap barang tak bertuan, perhatian pengasuh terhadap lingkungan, kerjasama dengan masyarakat, santri berprestasi, pengelolaan bank sampah. Kata kunci: Pendidikan Ekologi, Profetik, Pola Hidup Sehat, Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Ekologi, Profetik, Pola Hidup Sehat, Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ofi Afiatun Hindun Ulfah
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:58
Last Modified: 09 Jan 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item