PENGARUH PERSEPSI PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (STUDI EMPIRIS NASABAH SIMPANAN UMMAT DI KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO)

Eka Diah, Nurhastuti (2023) PENGARUH PERSEPSI PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (STUDI EMPIRIS NASABAH SIMPANAN UMMAT DI KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EKA DIAH NURHASTUTI_PENGARUH PERSEPSI PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (STUDI EMPIRIS NASABAH SIMPANAN UMMAT DI KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi pengetahuan dan persepsi penerapan nilai Islam terhadap keputusan penggunaan tabungan perbankan syariah studi empiris nasabah Simpanan Ummat di KSPPS BMT Buana Mas Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Simpanan Ummat (SIMMAT) yang berjumlah 155 nasabah dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi pengetahuan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan tabungan perbankan syariah, 2) persepsi penerapan nilai Islam (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan tabungan perbankan syariah, 3) persepsi pengetahuan dan persepsi penerapan nilai Islam berpengaruh sebesar 64,4% terhadap keputusan penggunaan tabungan perbankan syariah (Y), sedangkan sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Penerapan Nilai Islam, Keputusan Menabung.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: EKA DIAH NURHASTUTI sdri
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:27
Last Modified: 06 Jan 2023 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item