BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DESA GROGOLPENATUS KECAMATAN PETANAHAN

Rifa', Ulfah (2022) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DESA GROGOLPENATUS KECAMATAN PETANAHAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rifa Ulfah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan seorang anak yang mempunyai gangguan baik dari segi fisik, mental, maupun perilaku sosial sehingga menjadikannya berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya. Seorang anak yang mempunyai kebutuhan khusus membutuhkan bimbingan khususnya dari orang tua karena orang tua merupakan orang terdekat dan paling memahami kondisi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua dalam membentuk kemampuan sosial pada anak berkebutuhan khusus di Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 3 pasang orang tua yang mempunyai anak tuna rungu, tuna grahita, dan autisme yang mampu membimbing anaknya dalam membentuk kemampuan sosial, orang tua yang mampu menerima kondisi anaknya, serta orang tua yang memberi perhatian dan kasih sayang. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti yaitu pertama, orang tua anak tuna rungu melaksanakan proses bimbingan dalam membentuk kemampuan sosial menggunakan metode pembiasaan yang berbasis sosial masyarakat dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan yang diadakan di lingkup desa. menyekolahkan di sekolah luar biasa, memfasilitasi ponsel untuk berkomunikasi. Kedua, orang tua anak tuna grahita melaksanakan bimbingan dalam membentuk kemampuan sosial menggunakan metode perhatian atau pengawasan yang berbasis kekeluargaan dengan mengajak anak sharing, orang tua mengajak pergi untuk melihat dunia luar, mengikuti kegiatan seperti mengaji di taman pendidikan Al Qur’an, dan menyekolahkannya di sekolah luar biasa. Ketiga, orang tua anak dengan gangguan perilaku sosial autisme melaksanakan bimbingan dalam membentuk kemampuan sosial menggunakan metode teladan yang berbasis sosial keagamaan dengan mengajak anak dalam kegiatan pembacaan Albarzanzian, khataman, semakan Al Qur’an dan kegiatan Ziaroh pemuda desa serta menumbuhkan rasa syukur dengan berbagi kepada sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Bimbingan Orang Tua, Kemampuan Sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rifa' Ulfah sdri
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:33
Last Modified: 03 Jan 2023 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17364

Actions (login required)

View Item View Item