Neli Mustahviroh, 092335055 (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
NELI MUSTAHVIROH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
Abstract
Contextual Teaching Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajarinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota keluarga, masyarakat dan bangsa. Dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih menyenangkan dan lebih bermakna. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) menuntut siswa untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan kelas IV di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal serta apa saja faktor-faktor penghambat penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan dan bagaimana upaya penanganan dalam mengatasi hambatan penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan kelas IV di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal.Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut di atas adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan kelas IV di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran matematika kelas IV MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap kegiatan yaitu tahap reduksi data/data reduction, tahap penyajian data/data display dan tahap penarik kesimpulan/conclution drawing atau verification yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya di lapangan, di sini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data. Dari hasil analisa, menunjukan bahwa penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan kelas IV di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal telah dilaksanakan dengan cukup baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) yang ada, hal ini dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru matematika dalam kegiatan belajar mengajar dirancang dengan baik. Penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal dilakukan dengan cara pembelajaran berbasis masalah (problem solving), memberikan aktifitas kelompok, membuat aktivitas belajar bekerja sama dan membuat penilaian autentik. Faktor penghambat dalam penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan di MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal adalah kemampuan siswa yang beragam sehingga menuntut perhatian yang khusus dari guru, kurangnya sarana dan prasarana untuk kegiatan proses belajar mengajar dan membutuhkan professionalisme guru yang lebih dalam proses pembelajaran. Sedangkan penanganan untuk mengatasi kemampuan siswa yang berbeda-beda maka guru harus lebih kreatif dalam mengelola kelas, untuk kurangnya sarana dan prasarana guru bisa lebih kreatif contohnya dalam membuat media sendiri yang sederhana yang dibutuhkan siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk meningkatkan professionalisme guru dalam mengadakan pendekatan pembelajaran ini dapat dilakukan dengan mengadakan pelatiha khusus untuk guru mata pelajaran. Kata kunci : Contextual Teaching Learning (CTL), Pembelajaran Matematika Pecahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 01:54 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 01:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1724 |
Actions (login required)
View Item |