PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PARA SANTRI TPQ AL IKHLAS PREMBUN TAMBAK BMS

ARI WAHYUDI, 092331066 (2014) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PARA SANTRI TPQ AL IKHLAS PREMBUN TAMBAK BMS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARI WAHYUDI_PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PARA SANTRI TPQ AL IKHLAS PREMBUN TAMBAK BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I ,BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

kesempurnaan tujuan pendidikan Islam. Baik buruk akhlak manusia merupakan hasil dari pendidikan itu sendiri. Kemerosotan akhlak, moral, dan etika peserta didik disebabkan gagalnya pendidikan agama di sekolah. Penurunan moral generasi muda merupakan indikasi bahwa pendidikan sekuler yang selama ini di laksanakan belum berhasil membina moral dan akhlak generasi muda. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan akhlakul karimah terhadap generasi penerus bangsa. Untuk membina akhlakul karimah salah satunya adalah melalui agama Islam. Salah satu lembaga nonformal yang mengajarkan ilmu agama adalah Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembinaan akhlakul karimah para santri TPQ Al-Ikhlas Prembun Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, objek penelitian adalah santri TPQ Al Ikhlas. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pikir induktif, yaitu cara berfikir berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa yang bersifat khusus dan konkrit itu digeneralisasikan menjadi pengertian yang bersifat umum. Langkah analisis data adalah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis. Pendekatan psikologis adalah suatu cara pandang yang dapat diamati dari gejala jiwa itu sendiri, pendekatan psikologis disini yakni prosedur pemecahan masalah melalui pendekatan ilmu psikologi. Hasil penelitian menunjukan (1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan guna membina santrinya adalah hafalan bacaan shalat, shalat ashar berjama’ah dan penanaman sifat-sifat terpuji (2) metode yang digunakan TPQ Al-Ikhlas Prembun dalam membina santrinya adalah dengan keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman, serta pemberian ganjaran dan penghargaan (3) hasil yang telah dicapai melalui metode-metode dan bentuk-bentuk pembinaan akhlak tersebut antara lain akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama dan lingkungan. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkah laku keseharian santri, seperti dalam hal beribadah, berbicara, sopan santun dan kebersihan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akhlak, Islam, santri, psikologi, dan sekuler.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 08:35
Last Modified: 25 Nov 2016 08:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item