Peningkatan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Dengan Strategi Index Card Match di Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015

ALI MAKHSUS, 1123306120 (2015) Peningkatan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Dengan Strategi Index Card Match di Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALI MAKHSUS_1123306120.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk mencoba meningkatkan hasil belajar siswa, pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Ma'arif NU 01 Babakan. Berbagai Strategi telah digunakan pada pembelajaran IPS. Salah satu jenis Strategi ini adalah Penggunaan Strategi Index Card Match. Apakah jika pembelajaran IPS Kelas IV Pokok Bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Dengan Strategi Index Card Match akan meningkatkan hasil belajar siswa ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan tehnik analisis statistik deskriptif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas IV Pokok Bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Dengan Strategi Index Card Match. Hipotesis yang diajukan adalah, Jika pembelajaran Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV Pokok Bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Dengan Strategi Index Card Match, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Dari hasil analisis deskriptif yang telah penulis lakukan, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari rata-rata awal (pre-siklus) 59,23 mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 69,04 dan meningkat kembali menjadi 77,88 pada Siklus II. Untuk ketuntasan kondsisi awal hanya 6 dari 26 siswa atau sebanyak 23,07% meningkat menjadi 17 siswa atau 65,38 % pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 22 siswa atau 84,61 % pada siklus II . Peningkatan hasil belajar tersebut, telah sesuai bahkan melampaui indikator yang telah ditetapkan yaitu minimal 80 % dari total siswa mendapat nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian maka, penggunaan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat di kelas IV MI Ma’arif NU 01 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015 Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, IPS, Strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:58
Last Modified: 13 Jun 2016 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item