NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPRIBADIAN “WERKUDARA”(Deskripsi Wayang Kulit Purwa Lakon “Dewa Ruci”)

SITI WAHIDAH HAJAR S, 092331177 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPRIBADIAN “WERKUDARA”(Deskripsi Wayang Kulit Purwa Lakon “Dewa Ruci”). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI WAHIDAH HAJAR S_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPRIBADIAN “WERKUDARA”(Deskripsi Wayang Kulit Purwa Lakon “Dewa Ruci”).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BABI , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

dan jauh dari harapan masa depannya dan masa depan bangsa. Wayang kulit purwa dijadikan media pendidikan yang memberikan tuntunan terhadap peserta didik sebagai alternatif penumbuhan nilai-nilai pendidikan Islam, sebagaimana cerminan Werkudara dalam Lakon “Dewa Ruci”. Asumsi yang mendasari skripsi ini adalah karakteristik nilai pendidikan Islam, skupa nilai pendidikan Islam, dan bentuk nilai pendidikan Islam. Teori tersebut tercermin dalam kepribadian Werkudara pada Lakon “Dewa Ruci”. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam kepribadian Werkudara meliputi nilai Ilahiyat dan nilai Insaniyat. Dengan nilai tersebut Werkudara berhasil menguasai ilmu kesempurnaan. Fokus penelitian ini adalah: apa sajakah nilai-nilai pendidikan Islam yang harus ditanamkan pada peserta didik dalam cerminan kepribadian Werkudara pada Lakon “Dewa Ruci”?. Jenis penelitian ini termasuk library research. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang telah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis wacana. Dari penelusuran wayang Lakon “Dewa Ruci”, khususnya pada kepribadian Werkudara, penulis menemukan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai berikut: bentuk nilai Ilahiyat meliputi niat sebelum melakukan sesuatu, tawadu’ terhadap Allah SWT., ma’rifatullah, tawakal, dan zuhud. Sedangkan bentuk nilai Insaniyat meliputi sikap tawadu’ terhadap guru, sabar, husnuzan terhadap orang lain, optimis/pantang menyerah, pemberani, teguh pendirian, dan belajar tidak mengenal tempat. Baik nilai Ilahiyat maupun Insaniyat, keduanya bersumber dari al-Qur’an (wahyu). Nilai-nilai tersebut harus ditanamkan dalam pribadi peserta didik dalam menuntut Ilmu, sebagaimana peran Werkudara yang mengimplementasikan nilai pendidikan Islam dalam menuntut ngelmu kasampurnaan pada Lakon “Dewa Ruci

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan islam, dan kepribadian Werkudara.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:20
Last Modified: 25 Nov 2016 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item