ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KITAB TANBIHUL MUTA'ALLIM KARYA K.H. AHMAD MAISUR SINDI AL TURSIDI

Lafi, Kholimah (2022) ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KITAB TANBIHUL MUTA'ALLIM KARYA K.H. AHMAD MAISUR SINDI AL TURSIDI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAFI KHOLIMAH_ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KITAB TANBIHUL MUTA'ALLIM KARYA K.H. AHMAD MAISUR SINDI AL THURSIDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika peserta didik dalam pendidikan Islam, serta untuk mengetahui etika peserta didik yang terkandung dalam Kitab Tanbihul Muta'allim karya K.H. Ahmad Maisur Sindi Al-Tursidi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber, sumber utama yaitu kitab Tanbihul Muta'allim, dan sumber penunjangnya adalah buku, kitab, tulisan-tulisan serta arsip yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis isi (content analisys) Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, kitab Tanbihul Muta'allim adalah kitab yang berisi nadzam berbahasa Arab serta terdapat penjelasan dengan menggunakan bahasa Jawa secara ringkas sehingga mudah dihafalkan dan dipahami. Kedua, etika peserta didik yang terkandung dalam Kitab Tanbihul Muta'allim karya K.H. Ahmad Maisur Sindi Al-Tursidi yaitu etika sebelum menghadiri tempat belajar, etika di tempat belajar, etika selesai belajar, etika dalam mencari ilmu, etika terhadap kedua orang tua, etika terhadap guru, serta etika terhadap ilmu. Beberapa etika yang terdapat dalam kitab Tanbihul Muta'allim tersebut diimplementasikan pada pendidikan Islam di era sekarang ini sangat cocok, karena dalam kitab tersebut berisi bagaimana seharusnya seorang peserta didik dalam proses menuntut ilmu, agar ilmu yang didapat bermanfaat untuk dirinya sendiri yang utama, serta bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika, Peserta Didik, Pendidikan Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lafi Kholimah sdri
Date Deposited: 03 Dec 2022 01:50
Last Modified: 03 Dec 2022 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item