Supriyanti, Supriyanti (2022) PERAN GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Supriyanti_Peran_Guru_Rumpun_Pendidikan_Agama_Islam_dalam_Mengembangkan_Kece.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak : Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat telah membuat pengikisan jati diri pada peserta didik. Pengikisan jati diri tersebut menimbulkan kenakalan remaja pada peserta didik seperti, perundungan, tindakan asusila, dan penyalahgunaan narkoba. Kecerdasan spiritual dianggap sebagai kecerdasan yang paling penting dalam kehidupan. Hal tersebut dikarenakan kecerdasan spiritual membantu seseorang untuk menemukan makna hidup dan kebahagiaan. Kecerdasan spiritual peserta didik dapat dibangun dan dikembangkan melalui berbagai macam cara, salah satunya ialah melalui peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Lokasi yang diteliti ialah MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru rumpun Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian tentang peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas, yaitu : 1) peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas terdiri dari peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, pengajar, fasilitator, teladan dan model, motivator, pembimbing, evaluator, dan pelatih. Peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam tersebut sudah terlaksana dengan sangat baik. 2) faktor pendukung dan penghambat guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas yakni, faktor pendukung terdiri dari adanya motivasi atau dorongan orang tua kepada peserta didik, peran guru Pendidikan Agama Islam, dan fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor penghambat terdiri dari rendahnya minat peserta didik untuk melaksanakan ibadah, kondisi keluarga, dan pengaruh teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Peran Guru |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Supriyanti Supriyanti |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:53 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 02:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16956 |
Actions (login required)
View Item |