KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU I CILONGOK KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013

MINHAD, 092334049 (2014) KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU I CILONGOK KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MINHAD_KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU I CILONGOK KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Kompetensi paedagogik guru adalah kemampuan, pemahaman, dan penguasaan guru dalam mengelola pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien, guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama di dalam proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan berhasil tanpa didukung oleh guru yang berkompeten dan profesional. Dengan kata lain, perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung dari guru pula. Mata pelajaran pendidikan agama Islam meliputi pelajaran Al Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam yang menjadi sumber nilai dan landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan dan kajian keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru mata pelajaran Rumpun PAI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya dalam mengelola pembelajaran di di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan obervasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis kualitatif, karena struktur pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif maka data yang dikumpulkan dilakukan pengelompokkan data dan pengurangan yang tidak penting. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam yang jumlahnya ada 6 orang guru. Adapun objeknya adalah kompetensi paedagogik guru mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Kompetensi paedagogik guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kompetensi paedagogik yang sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007 yang semuanya ada sepuluh aspek, dari sepuluh aspek kompetensi paedagogik tersebut masing-masing memiliki indikator-indikator yang harus di kuasai dan di implementasikan oleh seorang guru, sehingga dalam penyajian penelitian ini lebih tertuju pada indikator-indikatornya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Paedagogik guru mata pelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:13
Last Modified: 24 Nov 2016 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item