DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DI SD KREATIF MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

TUTI PURWASIH, 102331119 (2014) DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DI SD KREATIF MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
TUTI PURWASIH_DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DI SD KREATIF MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat di tentukan oleh kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif dan kondusif sehingga pembelajaran berkesan dan mudah di pahami. Sedangkan dalam realita ada beberapa guru yang dalam mengajar tanpa mempersiapkan dan mendesain suatu pembelajaran dengan baik yang terkesan asal mengajar tanpa mempertimbangkan tujuan yang hendak di capai. Penelitian ini mendiskripsikan tantang desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas rendah di SD Kreatif Muhammadiyah Gombong Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain pembelajaran merupakan rancangan pembelajaran yang berorientasi pada proses pembelajaran dan pengembanganya. Desain pembelajaran merupakan proses yang bersifat linear yang diawali dengan penentuan kebutuhan, merancang respon kebutuhan kemudian diimplementasikan dan evaluasi. Dalam kegiatan desain pembelajaran tugas yang dilakukan guru ialah menganalisis kebutuhan, merancang tujuan pembelajaran (kompetensi), menentukan meteri pembelajaran, pengalaman belajar, serta evaluasi pembelajaran. Menganalisis kebutuhan peserta didik dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik dari peserta didik mengetahui apa yang seharusnya dimiliki dan apa yang telah dimiliki oleh peserta didik. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah SD Kreatif Muhammadiyah merupakan sekolah yang menekankan pada proses pembelajaran terlebih untuk kelas rendah pembelajaranya di buat menarik yaitu menggunakan metode edutainment serta melalui pendekatan somatik, auditory, visual dan intelektual. Banyak prestasi yang diraih dari siswa-siswi SD Kreatif Muhammadiyah Gombong yang bukan hanya dalam mata pelajaran umum tetapi dalam mata pelajaran PAI pun demikian. Berdasarkan latar belakang di atas, persoalan yang akan dijawab adalah bagaimana desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas rendah di SD Kreatif Muhammadiyah Gombong tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua dianalisis dengan model Miles dan Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data melalui triangulasi. Desain pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan mengidentifikasi karakteristik peserta didik mulai dari minat, bakat, gaya belajar, latar belakang peserta didik dll, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan materi beserta sumber-sumber belajar, pengalaman belajar siswa dan evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran, kelas rendah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:10
Last Modified: 24 Nov 2016 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item