PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD N 4 SOKANEGARA KEC PURWOKERTO TIMUR KA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

OOM KOMALASARI, 102331127 (2014) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD N 4 SOKANEGARA KEC PURWOKERTO TIMUR KA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
OOM KOMALASARI_PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD N 4 SOKANEGARA KEC PURWOKERTO TIMUR KA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SD Negeri 4 Sokanegara adalah sekolah yang sudah menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas I dan III di SD Negeri 4 Sokanegara Kecamatan PurwokertoTimur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 4 Sokanegara Kecamatan PurwokertoTimur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas I dan III di SD Negeri 4 Sokanegara. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis non statistik, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 4 Sokanegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang penulis gunakan adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa metode sangat berpengaruh terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap anak didiknya karena metode merupakan cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi untuk memudahkan dalam mengajar demi terciptanya pembelajaran yang efektif. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang di lagukan. Dalam penerapan metode bernyanyi kelas I dan III di SD Negeri 4 Sokanegara, guru menyanyikan lagu asli dari gubahan tersebut serta menagajak peserta didik untuk menyanyikan lagu asli yang belum digubah, guru menyanyikan lagu gubahan tersebut secara bertahap kemudian peserta didik menirukannya, guru melalukan pengulangan menyanyikan lagu gubahan tersebut hingga peserta didik menghafalnya, jika peserta didik mulai menghafalnya perderetan bangku peserta didik menyanyikannya. Guru menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar peserta didik mudah menghafal materi dan juga menyenangkan tidak mudah bosan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, SD Negeri 4 Sokanegara.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:59
Last Modified: 24 Nov 2016 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item