METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO

MAHIN ANAS ROMADONA, 102331080 (2014) METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MAHIN ANAS ROMADONA_METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BABI, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Metode digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peran yang sangat penting dalam keberhasilannya. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya variasi penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh beberapa guru di MI Al-Ittihad Pasir Kidul Purwokerto untuk menyampaikan materi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak kepada siswa, sehingga siswa mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada, dan siswa mendapatkan nilai yang di atas KKM. Selain itu banyak kegiatan-kegiatan yang menunjang pembelajaran berbasis pada Pendidikan Agama Islam (PAI). Dimana diketahui bahwa dalam pembelajaran PAI siswa harus mampu menjadi manusia yang Islami dengan mengamalkan semua ajaran Islam di lingkungan masyarakat berdasar pada al-Qur’an dan al-Hadist dan dapat menjadikan sebagai pandangan hidup. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Al-Ittihad Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu terdapat lima pemilihan metode dalam pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Al-Ittihad Pasir Kidul, yaitu metode ceramah, metode kerja kelompok, metode tanya jawab, metode drill (latihan), metode pemberian tugas. Dalam penerapan metode ceramah guru menggunakan suara yang bervariasi. Metode drill, siswa mengikuti apa yang dilafalkan oleh guru. Metode kerja kelompok guru memberikan tugas untuk dikerjakan secara bersama-sama. Metode pemberian tugas, guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. Metode tanya jawab, dilakukan antara guru dengan siswa ataupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, MI Al-Ittihad Pasir Kidul Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:47
Last Modified: 24 Nov 2016 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item