PENERAPAN ATH-THARĪQAH AL-MUBĀSYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BERBASIS PESANTREN KEC AJIBARANG KAB BMS

RISTIANI, 102332006 (2014) PENERAPAN ATH-THARĪQAH AL-MUBĀSYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BERBASIS PESANTREN KEC AJIBARANG KAB BMS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RISTIANI_PENERAPAN ATH-THARĪQAH AL-MUBĀSYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BERBASIS PESANTREN KEC AJIBARANG KAB BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
COVER,BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peningnya metode dalam pemelajaran bahasa Arab. Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah salah satu panti asuhan yang menanamkan nilai-nilai pendidikan isalam layaknya di pesantren. Keunikan lain dari panti asuhan ini adalah dalam proses pembelajarannya yang menggunakan bahasa pengantar bahasa asing yaitu bahasa Arab. Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa pengantar untuk beberapa mata pelajaran di panti asuhan tersebut, yang lebih dikenal dengan nama metode langsung (ath-tharīqah al-mubāsyarah). Aththarīqah al-mubāsyarah adalah metode pembelajaran dimana ustadz langsung menyampaikan materi pelajaran menggunakan bahasa yang dimaksud (bahasa Arab) sedangkan bahasa santri tidak boleh digunakan. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan aththarīqah al-mubāsyarah dalam pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskripif analisis. Objek dari penelitian ini adalah proses penerapan ath-tharīqah al-mubāsyarah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas A dan B sedangkan subjek penelitian adalah para ustadz pengajar, pengasuh dan para santri. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penganalisisan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian ditarik kesimpulan yang bermula dari fakta-fakta atau peristiwa umum kemudian ditarik kesimpulan yang sifatnya khusus. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas menggunakan empat metode pemebelajaran bahasa yaitu metode langsung (ath-tharīqah al-mubāsyarah), metode terjemah, metode membaca da metode bercakap-cakap (muhadatsah). Metode langsung (aththarīqah al-mubāsyarah) menadi metode yang paling mendominasi dalam proses pembelajaran karena metode ini menjadi ciri khas dari panti asuhan ini. Namun dalam penerapannya belum 100% ath-tharīqah al-mubāsyarah diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas A dan B karena masih menyesuaikan dengan keadaan santri yang masih dalam tahap awal/pemula. Respon santri terhadap penerapan ath-tharīqah al-mubāsyarah cukup antusias. Santri mampu 3 mengikuti proses pembelajaran dan dapat memahami materi pelajaran dan dapat memahami materi pelajaran dengan penerapan ath-tharīqah al-mubāsyarah. Faktor-faktor yang memepengaruhi proses pembelajaran diantaranya faktor pendorong (ustadz, sarana dan prasarana, santri, evaluasi/penilaian, materi, masayarakat sekitar panti asuhan dan donatur) sedangkan faktor penghambat (waktu dan santri).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa arab dan Ath-tharīqah al-Mubāsyaraht
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:25
Last Modified: 24 Nov 2016 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item