INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

RESI PURWANTI, 102331049 (2014) INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RESI PURWANTI_INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Internalisasi adalah penghayatan terhadap ajaran, nilai atau budaya pada diri seseorang sehingga nilai menjadi bagian dari dirinya. Tujuan dari internalisasi nilai agama Islam adalah untuk menghayati lebih mendalam dan memberi makna kepada sesuatu yang dianggap baik dan berharga sehingga akan menjadi sebuah kesadaran dan keyakinan yang diimplementasikan dalam perilaku dan penampilan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis merumuskan masalah pada skripsi ini dengan ruusan bagaimana proses internalisasi nilai agama Islam di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai agama Islam di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Internalisasi Nilai Agama Islam di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah yaitu yang pertama dengan reduksi data, kedua penyajian data, dan terakhir verifikasi data. Internalisasi nilai agama Islam yang diharapkan SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga adalah supaya siswa dapat menghayati lebih mendalam nilainilai yang terkandung di dalam ajaran agama Islam agar siswa dapat mengamalkan dan membiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Tahapan-tahapan dalam internalisasi nilai agama Islam meliputi transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi. Internalisasi nilai agama Islam yang dilaksanakan di sekolah ini selain dalam proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai agama Islam juga melalui pembiasaan berbagai macam kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler antara lain shalat dhuha bersama, shalat dhuhur dan ashar berjamaah, tahfidzul Al Qur’an, Penyembelihan Hewan Qurban, Kewajiban Memakai Busana Muslim, malam bina iman dan taqwa, outbond, market day, keputrian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai dan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:24
Last Modified: 24 Nov 2016 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item