STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MTK MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN CACAH ANTARA METODE PERKALIAN BERSUSUN DENGAN METODE BATANG NAPIER DI KELAS IV MI N WATUAGUNG KEC TAMBAK BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014

DIANA FITRIANINGSIH, 102335026 (2014) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MTK MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN CACAH ANTARA METODE PERKALIAN BERSUSUN DENGAN METODE BATANG NAPIER DI KELAS IV MI N WATUAGUNG KEC TAMBAK BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DIANA FITRIANINGSIH_STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MTK MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN CACAH ANTARA METODE PERKALIAN BERSUSUN DENGAN METODE BATANG NAPIER DI KLS IV MI N WATUAGUNG KEC TAMBAK BMS TAHUN PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah faktor eksternal yaitu metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam penelitian ini adalah metode perkalian bersusun dan metode batang napier. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan hasil belajar matematika antara penggunaan metode perkalian bersusun dengan metode batang napier materi operasi perkalian bilangan cacah pada siswa kelas IV MI N Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara masing-masing siswa kelas IVA yang menggunakan metode perkalian bersusun dan metode batang napier, juga untuk masing-masing siswa kelas IVB yang menggunakan metode perkalian bersusun dan metode batang napier di MI N Watuagung Tambak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang merupakan penelitian populasi. Penelitian ini adalah penelitian terhadap populasi yang terdiri dari seluruh siswa kelas IV MI N Watuagung Tambak tahun ajaran 2013/2014. Sampel diperoleh dengan mengambil dua kelas yaitu kelas IVA yang akan diberikan metode pengajaran metode perkalian bersusun dan metode batang napier juga untuk kelas IVB yang akan diberikan metode pengajaran metode perkalian bersusun dan metode batang napier yang masing-masing kelas berjumlah 23 siswa dan 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, tes hasil belajar, lembar pengamatan dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, hasil pengamatan dan dokumentasi. Analisis perbedaan hasil belajar menggunakan uji t (independent sample test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan cacah kelas IVA adalah t hitung (1,082) < t tabel (2,015) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar kelas IVA yang menggunakan metode batang napier maupun dengan metode perkalian bersusun. Namun untuk kelas IVB terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode perkalian bersusun dengan siswa yang menggunakan metode batang napier. Hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan cacah kelas IVB adalah t hitung (2,547) > t tabel (2,018), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas IVB antara metode batang napier dan metode perkalian bersusun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkalian Bersusun, Batang Napier, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:33
Last Modified: 23 Nov 2016 08:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item