KUALITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI EMPAT MI SE-KEC KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2013-2014

TRI WARDANI, 102335012 (2014) KUALITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI EMPAT MI SE-KEC KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
TRI WARDANI_KUALITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI EMPAT MI SE-KEC KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa empat MI di Kecamatan Kebasen telah menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian seberapa baik kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang telah diterapkan oleh guru di kelas. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika di empat Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kebasen Tahun Pelajaran 2013/2014 berdasarkan teori Hans Freudenthal?”. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah berupa penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penulis menggambarkan kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika di empat MI se-Kecamatan Kebasen. Obyek dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran matematika pada empat MI yang ada di Kecamatan Kebasen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Skala pengukuran yang digunakan oleh peneliti adalah skala penilaian. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara umum implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika di beberapa MI se- Kecamatan Kebasen dalam kategori sedang. Pengukuran terhadap kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dilihat dari subjek guru yang diteliti, guru yang memperoleh skor tertinggi adalah Ibu Siti Maemunah, S.Pd.I yaitu dengan skor 15. Sedangkan guru yang mendapat skor terendah adalah Ibu Umi Rohmah yaitu 13. Pengukuran terhadap kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dilihat dari subjek siswa yang diteliti bahwa MI yang mendekati kategori baik adalah MI Ma’arif NU Randegan. Sedangkan MI yang mendekati kategori buruk adalah MI Ma’arif NU Kalisalak. Faktor yang mempengaruhi kualitas implementasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) ada empat faktor yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, serta faktor lingkungan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2016 07:58
Last Modified: 23 Nov 2016 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item