PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN KELAS I MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN PENGADEGAN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ENI NUR ISBANDIYAH, NIM. 1123306108 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN KELAS I MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN PENGADEGAN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ENI NUR ISBANDIYAH_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN KELAS I MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN PENGADEGAN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (827kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran penanaman konsep dasar merupakan jembatan yang harus dapat menghubungkan kemampuan kognitif siswa yang konkrit dengan konsep baru yang abstrak. Dalam pembelajaran, alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Disinilah guru mempunyai peran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penulisan ini adalah “Apakah penggunaan alat peraga Timbangan Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka cara bersusun pendek ?” Jenis penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah Penulisan Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu upaya untuk mencermati suatu kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan. Tujuan penulisan tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka cara bersusun pendek dengan menggunakan alat peraga Timbangan Bilangan siswa kelas 1. Subjek, metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penulisan. Data yang akan diteliti adalah data kuantitatif dengan angka-angka yang diperoleh melalui tes. Dari hasil analisis mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II, dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh yaitu rata-rata nilai kelas kondisi awal 55,6, rata-rata nilai kelas siklus I 65,12, rata-rata nilai siklus II 80,00 dan prosentase ketuntasannya yaitu kondisi awal 30%, siklus I 70% dan siklus II 91%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Prestasi Belajar, Matematika, Alat Peraga Timbangan Bilangan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:10
Last Modified: 23 Nov 2016 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item