PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Suniyem, 1123304142 (2014) PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SUNIYEM_PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia. Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan diwajibkannya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa di sekolah, baik tingkat SD, SLTP, SMA atau perguruan tinggi.Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang ajaran agama islam, keterampilan mempraktekannya dan meningkatkan pengamalan ajaran islam itu dalam kehidupan sehari-hari. Bagi seorang muslim pendidikan agama bukan hanya untuk dipelajari materinya saja. Bukan juga sebuah buku yang hanya terus menerus dibaca ataupun dihafal. Sehingga mengakibatkan pelajaran agama menjadi pelajaran teoritis, tetapi bagaimana pendidikan agama menjadi pengamalan atau penghayatan terhadap nilai agama itu sendiri. Nilai agama yang dimaksudkan salah satunya adalah nilai akhlak. Sehingga melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu menghasilkan siswa menjadi insan yang berakhlak mulia. Namun faktanya kenakalan remaja yang terjadi di indonesia semakin memprihatinkan. Hal ini menjadi bukti bahwa akhlak mulia yang diharapkan masih belum tercapai. Sebagian masyarakat dan orang tua menganggap kenakalan remaja ini sebagai indikasi ketidakberhasilan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tingginya frekuensi kenakalan remaja yang terjadi di kota-kota besar seperti yang diuraikan di atas, juga sering diangkat oleh sebagian masyarakat dan orang tua sebagai indikasi ketidakberhasilan Pendidikan Agama Islam di sekolah dan di perguruan tinggi. Berbagai usaha harus dilakukan secara optimal untuk pembinaan akhlak siswa, seperti yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan tentang pembinaan akhlak siswa di sekolah dasar islam terpadu mutiara hati purwareja klampok kabupaten banjarnegara, doperoleh data bahwa pembinaan akhlak di sekolah tersebut meliputi: pembinaan akhlak melalui pelajaran akidah akhlak, aktivitas harian, aktivitas mingguan, mentoring pekanan dan infak pekanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembinaan akhlak, siswa, SDIT
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:50
Last Modified: 23 Nov 2016 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item