STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TARBIYATUL ATHFAL AL ISLAMIYYAH AL MANSYUROH PERNASIDI KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dwi Respatiningrum, 102338160 (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TARBIYATUL ATHFAL AL ISLAMIYYAH AL MANSYUROH PERNASIDI KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER, BAB I, BAB V ,DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img]
Preview
Text
DWI RESPATININGRUM_STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TARBIYATUL ATHFAL AL ISLAMIYYAH AL MANSHUROH PERNASIDI KEC CILONGOK BMS TH PELAJARAN 2013-2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi memegang peranan yang sangat penting dalam Pengembangan Nilainilai Agama dan Moral pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di Tarbiyatul Athfal Al Islamiyyah Al Manshuroh, karean siswa di sekolah ini memiliki kemampuan dalam bidang keagamaan dan memiliki sikap, perilaku, adab, sopan santun yang baik sehingga penulis tertarik meneliti strategi yang digunakan oleh ustadzah dalam pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai Agama dan Moral. Penelitian tentang Strategi Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Di TAA Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilongok Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana Penerapan Strategi Pengembangan Nilainilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Di TAA Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilongok Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?” Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi pengembangan nilai-nilai agama dan moral, (2) Metode Wawancara di lakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan penerapan strategi pengembangan nilai-nilai agama dan moral, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, struktur organisasi, keadaan siswa, ustadzah, Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan evaluasi Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral yang dilaksanakan di TAA Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilongok Banyumas sudah berjalan dengan baik. Strategi yang dilaksanakan dalam tiga jenis kegiatan, yaitu kegiatan rutinitas, kegiatan terintegrasi, dan kegiatan khusus. Masing-masing kegiatan dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada pelaksanaannya, ustadzah lebih banyak menggunakan metode ceramah, cerita, hafalan dan tanya jawab, namun kegiatannya dilaksanakan semenarik mungkin sehingga anak tidak bosan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral, anak usia dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:25
Last Modified: 23 Nov 2016 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item