STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SD N 3 CILANGKAP GUMELAR BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014

ANWARUDIN, 1123304021 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SD N 3 CILANGKAP GUMELAR BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANWARUDIN_STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SD N 3 CILANGKAP GUMELAR BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi umat Islam dimana pun berada, baik bagi anak–anak, remaja maupun orang tua. Apalagi bagi anak usia sekolah, maka pendidikan Agama Islam merupakan sebuah keharusan. Karena usia anak sangat rentan dan labil maka perlu adanya pondasi agama yang bisa dijadikan pedoman agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi muslim yang mempunyai benteng keimanan dan ketakwaan yang kokoh. Dalam pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan strategi yang tepat dan menyenangkan. Sehingga materi pendidikan Agama Islam yang ada dapat diterima dan dipahami anak dengan baik. Lokasi penelitian yang penulis lakukan yaitu SD Negeri 3 Cilangkap yang merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada dipusat kecamatan Gumelar. Berdasarkan evaluasi pembelajaran PAI, hasil yang didapat selalu memuaskan. Hal ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan guru dalam mengemas pembelajaran sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Untuk itu permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah “Apa saja strategi yang digunakan pada mata pelajaran Pendidika Agama Islam di SD Negeri 3 Cilangkap dan bagaimana penerapan dari masing-masing strategi tersebut?” Jadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang macam-macam strategi yang diterapkan dan langkah-langkah penerapannya. Penelitian ini merupaka jenis penelitian lapangan (field research). Dan metode yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Variabel dalam peneilitian ini adalah strategi pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam. Sedang proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru PAI, siswa dan Kepala Sekolah SD Negeri 3 Cilangkap. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi yang digunakan di SD Negeri 3 Cilangkap cukup bervariasi meliputi strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaraan kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan strategi pembelajaran aktif yang terdiri dari peer lesson, modelling the way, information search dan role playing. Sedang proses penerapan masing-masing strategi tersebut sudah cukup baik sesuai dengan teori strategi pembelajaran. Namun didasarkan pada keadaan siswa dan kelas yang berbeda satu sama lain, maka terkadang guru melakukan inovasi pada penerapan strategi tersebut, agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:50
Last Modified: 22 Nov 2016 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item