PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEMESTER II MELALUI METODE EKSPERIMEN DI MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA TH PEL 2013-2014

UMI BAHRIYAH WAHYUNINGSIH, 1123306155 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEMESTER II MELALUI METODE EKSPERIMEN DI MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA TH PEL 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
UMI BAHRIYAH WAHYUNINGSIH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEMESTER II MELALUI METODE EKSPERIMEN DI MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA TH PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas III Semester II Melalui Metode Eksperimen Di MI Miftahul Huda Selandaka Tahun Pelajaran 2013 / 2014” masalah yang menjadi fokus perbaikan adalah “Apakah penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas III Semester II di MI Miftahul Huda Selandaka Tahun Ajaran 2013 / 2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?” tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, (2) untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum metode di terapkan, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap metode yang diterapkan oleh guru. Dalam penelitian ini proses yang dilakukan terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus perbaikan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan tidak sendiri melainkan ada teman sejawat atau guru pada kelas tersebut sebagai pengamat (observer) yang bertugas (1) mengamati pelaksanaan perbaikan pembelajaran mulai dari siklus satu sampai siklus tiga, (2) memberi masukan tentang keutamaan dan kelemahan dalam penerapan metode eksperimen selama proses dijalankan, (3) ikut merencanakan perbaikan pembelajaran dalam tiap siklus. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) dalam pelajaran IPA melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti bahwa pada pra siklus ke siklus I sebesar 12 %, dari siklus I ke siklus II sebesar 35 %, dari siklus II ke siklus III sebesar 18 % dan dari pra siklus ke siklus III sebesar 65 %. (2) Hasil akhir dari siklus III adalah hasil belajar siswa telah tuntas KKM dengan nilai sama dengan atau lebih dari 65 sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:43
Last Modified: 21 Nov 2016 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item