ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II MATERI SHALAT BERJAMA’AH DI MI MAARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BMS TH PEL 2013-2014

UMIATUL AZIZAH, 092338074 (2015) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II MATERI SHALAT BERJAMA’AH DI MI MAARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BMS TH PEL 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
UMIATUL AZIZAH_ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II MATERI SHALAT BERJAMA’AH DI MI MAARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BMS TH PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis metode pembelajaran fiqih kelas II materi shalat berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 02 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal yang menarik di Madrasah Ibtidaiyah ini adalah proses pembelajarannya yang menyenangkan dan penggunaan metode yang variatif, sehingga proses pembelajaran dapat maksimal dan nilai siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan latar belakang di atas, persoalan yang akan dijawab adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran fiqih kelas II materi shalat berjama’ah di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 02 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas II materi shalat berjama’ah menggunakan beberapa metode pembelajaran, yaitu Metode ceramah. digunakan untuk menjelaskan arti dan pengertian shalat berjama’ah. Metode diskusi. digunakan siswa untuk berlatih berdiskusi materi syarat-syarat menjadi imam dan makmum, serta bacaan dan gerakan shalat berjama’ah. Metode demonstrasi. digunakan untuk mempraktekkan shalat berjama’ah. Metode tanya jawab. digunakan untuk mengingat materi sebelumnya dan mengetahui tingkat kepahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Metode pemberian tugas. digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepahaman siswa terhadap materi yang sudah diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, fiqih, metode, shalat berjama’ah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:48
Last Modified: 21 Nov 2016 04:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item