PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL MTK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BIL SAMPAI 20 MELALUIMETODE DRILL DI KELAS IMIMA’ARIF NU 01 JINGKANG KEC KARANGJAMBU KAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

AMINAH, 133911462 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL MTK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BIL SAMPAI 20 MELALUIMETODE DRILL DI KELAS IMIMA’ARIF NU 01 JINGKANG KEC KARANGJAMBU KAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AMINAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL MTK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BIL SAMPAI 20 MELALUIMETODE DRILL DI KELAS I MI MAARIF NU 01 JINGKANG KEC KAR JAMBU KAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V , DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini membahas tentang penerapan metode Drill sebagi upaya meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi “Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Sampai 20” di Kelas I MI Ma’arif NU 01 Jingkang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Apakah dengan menerapkan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di Kelas I MI Ma’arif NU 01 Jingkang Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Drill terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi “Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan sampai 20” di Kelas I MI Ma’arif NU 01 Jingkang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan, yaitu dari pra siklus sampai siklus terakhir (siklus II) menunjukkan peningkatan dari 42,11% siswa yang tuntas menjadi 89,47% siswa yang tuntas atau meningkat sebesar 47,36%. Selain itu, peningkatan yang signifikan juga terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa, yaitu dari nilai rata-rata hasil belajar sebesar 61,57 pada pra siklus, meningkat menjadi 83,68 pada siklus terakhir (siklus II).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:05
Last Modified: 21 Nov 2016 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item