PELAKSANAAN METODE PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Zulaekhah Anggraeni, NIM. 082331175 (2013) PELAKSANAAN METODE PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ZULAEKHAH ANGGRAENI_PELAKSANAAN METODE PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Akhlak atau moral menduduki tempat yang tinggi. Ia sebagai wadah agama bahkan menjadi pondasi berdirinya bangsa, di mana bangsa itu akan kokoh atau akan hidup selama akhlaknya itu rusak maka akan hancurlah bangsa itu. Pembinaan akhlak sangat penting ditanamkan sejak dini, untuk mengembangkan potensi kerohanian anak serta mengembangkan kepribadian yang baik. Pembinaan akhlak membutuhkan metode yang tepat dan bervariasi. Hal tersebut bertujuan agar tujuan pembinaan akhlak dapat tercapai dengan baik. Metode merupakan sesuatu untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan serta menganalisis pelaksanaan metode pembinaan akhlak anak di Raudhatul Athfal Perwanida Merden, Purwanegara, Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal Perwanida Merden, Purwanegara, Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru sangat bermanfaat guna mencetak peserta didik agar menjadi generasi penerus yang dapat membanggakan orang lain. 2. Pembinaan Akhlak Anak menggunakan metode nasihat, cerita, hukuman, ganjaran/hadiah, keteladanan dan pembiasaan atau biasa dibagi menjadi metode secara langsung dan secara tidak langsung 3. Pelaksanaan metode pembinaan akhlak anak di Raudhatul Athfal Perwanida Merden sudah sesuai dengan usia dan kesiapan peserta didik. Penggunaan metode pembinaan akhlak disesuaikan dengan thema mingguan, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, dan keadaan peserta didik pada saat mengikuti pelajaran. 4. Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru sudah terlihat hasilnya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan di akhir semester 1 (satu) tahun pelajaran 2012/2013 bahwa peserta didik sudah mencapai peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Metode Pembinaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:54
Last Modified: 21 Nov 2016 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item