METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

UNTUNG HANDOKO, NIM. 062638067 (2012) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UNTUNG HANDOKO_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran pada peserta didik secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Di dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki metode agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Untuk menyampaikan materi kepada anak didik dibutuhkan metode yang tepat dengan mempertimbangkan materi, situasi, minat, dan tingkat perkembangan anak didik. Atas dasar inilah penulis melakukan penelitian lapangan untuk mengetahui Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 01 Purwosari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Oleh sebab itu, dalam skripsi ini rumusan permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu: Bagaimana Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 01 Purwosari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011 / 2012?. Untuk mendapatkan data dengan jelas, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara /interview, dan dokumentasi. Penelitian yang penulis lakukan berlokasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Purwosari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. Objek penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun subjek penelitain adalah Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 01 Purwosari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas dan Kepala Sekolah Dasar Negeri 01 Purwosari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. Hasil dari penelitian penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, dan Pemberian Tugas. Sehingga penelitain ini memiliki kesimpulan bahwa Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik yaitu terlihat dengan pelaksanaan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:51
Last Modified: 21 Nov 2016 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item