IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI TPQ BABUSSALAM DESA PAGERANDONG KEC MREBET KAAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

MUSTALIFUN, 092338046 (2015) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI TPQ BABUSSALAM DESA PAGERANDONG KEC MREBET KAAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUSTALIFUN_IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI TPQ BABUSSALAM DS PAGERANDONG KEC MREBET KAB PBG TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran al-Qur’an yang muncu dan berkembang di Indonesia. Metode-metode tersebutberkembang seiring dengan semakin berkembangnya pembelajaran al-Qur’an yang dilakukan diberbagai daerah di Indonesia. Salah satu metode yang bisa diterapkan pembelajaran baca tulis al- Qur’an adalah metode Yanbu’a Jenis penelitian lapangan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana akhlak siswa terhadap guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al- Alim wa al-Muta’allim dan menurut KH. Bisri Mustofa dalam Mitero Sejati dan Syi’ir Ngudi Susilo. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah pemikiran KH. Hasyim Asy’ari mengenai Akhlak siswa terhadap guru? (2). Bagaimanakah pemikiran KH. Bisri mustofa mengenai akhlak siswa terhadap guru? (3). Bagaimanakah perbandingan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Bisri Mustofa mengenai akhlak siswa terhadap guru?. Hasil penelitian menunjukan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim, mitero sejati, serta syi’ir ngudi susilo dan sumber sekundernya adalah kitab Ta’limul Muta’allim, serta buku-buku lain yang bersangkutan. Adapun teknis analisis data menggunakan metode komparatif deskriptif dan temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Akhlak siswa terhadap guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Adab al-Alim wa al-Muta’allim ada duabelas hal, dan menurut KH. Bisri Mustofa dalam Mitero Sejati, dan Syi’ir Ngudi Susilo ada tiga hal. Sedangkan perbandingannya berupa persamaan dan dan prasarana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Pembelajaran baca dan tulis al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:42
Last Modified: 21 Nov 2016 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item