STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI METODE REWARD DAN PANISHMENT DI DARUL ATHFAL COKROAMINOTO 03 LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI

Nabilatun, Fatihah (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI METODE REWARD DAN PANISHMENT DI DARUL ATHFAL COKROAMINOTO 03 LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILATUN_FATIHAH_1817406029_SKRIPSI[1].pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstak: Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin anak usia dini melalui metode reward dan punishment di Darul Athfal Cokroaminoto 03 Lemahjaya Kecamatan Wanadadi. Guru merancang strategi dalam menanamkan karakter disiplin siswa melalui metode reward dan punishment dengan begitu baik. Dalam menanamkan karakter disiplin anak harus adanya kerjasama antara pihak sekolah, guru, masyarakat dan orangtua anak. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode studi kasus. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak. Analisis data pada penelitaian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin anak usia dini melalui metode reward dan punishment di Darul Athfal Cokroaminoto 03 Lemahjaya Kabupaten Banjarnegara yaitu Guru memberikan arahan motivasi ataupun pemberitahuan sebelum melakukan kegiatan belajar-mengajar. Guru selalu menghargai anak dan memberikan tepuk tangan sehingga anak merasa lebih percaya diri dan gembira. Guru memberikan tepuk-tepuk dan nyanyian untuk mengondisikan anak yang gaduh. Guru memberikan bintang nilai untuk kelompok A diberikan bintang dua-empat, sedangkan kelompok B diberikan bintang nilai 3-4 bintang sesuai dengan pencapaian anak dalam menyelesaikan tugas. Guru memberikan penghargaan atau hadiah untuk anak yang berprestasi Guru memberikan peringatan, teguran, kemudian pengertian kepada anak yang tidak patuh pada aturan. Guru menerapkan recalling sebelum pulang sekolah, yaitu agar anak mampu mengingat dan menjadikan peringatan yang diberikan oleh guru sebagai pelajaran untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dilain waktu. Dari semua strategi yang digunakan berdampak positif dan efektif bagi perkembangan penanaman karakter disiplin pada diri anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, disiplin, anak usia dini, reward, punishment
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nabilatun Fatihah sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:55
Last Modified: 12 Oct 2022 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item