INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN AGAMA BAGI KARYAWAN BENGKEL HARRY MATIC KECAMATAN KALIBAGOR

Iftah, Ulum (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN AGAMA BAGI KARYAWAN BENGKEL HARRY MATIC KECAMATAN KALIBAGOR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
iftah bahrol ulum_Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Kajian Agama Bagi Karyawan Bengkel Harry Matic Kecamatan Kalibagor.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya internalisasi nilai-nilai religius dalam segala aspek kehidupan yang berkaitan dengan agama islam. Nilai religius merupakan aspek yang sangat penting dikarenakan dapat menumbuhkan iman kepada Alloh SWT, serta memberi dorongan ke arah untuk melakukan perbuatan yang baik dan menjadikan diri pribadi yang bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa. Internalisasi nilai-niai religius sangat memungkinkan diterapkan di dunia kerja untuk membentuk pribadi yang islami bagi karyawan dan pihak yang terlibat. Dengan adanya internalisasi nilai-nilai religius di dunia kerja, karyawan yang kesehariannya sibuk dengan pekerjaannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadahnya, sehingga menumbuhkan sikap tanggungjawab sebagai hamba Alloh SWT yang harus melaksanakan tugasnya untuk beribadah kepada sang pencipta. Tujuan penelitian adalah mengetahui proses internalisasi nilai-nilai religius melalui kegiatan agama bagi karyawan Bengkel Harry Matic kecamatan Kalibagor Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan guna untuk mengetahui dan memperoleh data-data terkait penelitian yang dilakukan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang mana hanya menyajikan apa yang terjadi di lapangan saja, sedangkan jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data terkait penelitian ini dengan cara observasi, intervie/wawancara, dan dokumentasi, adapaun teknik analisis data dari penelitian ini ialah, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beberapa kegiatan yang telah dilakukan seperti kajian rutin yang berupa pembacaan Asmaul-Husna, pembacaan sholawat quraniyyah, dan dilanjutkan dengan kajian-kajian agama meliputi ilmu tauhid dasar, mengkaji ilmu akhlak, ilmu fiqih, dan kajian-kajian ilmu agama lainnya. Nilai-nilai religius yang terkandung dalam kegiatan agama ini meliputi nilai akidah, nilai pendidikan islam, nilai keteladanan, nilai ibadah sholat, dan nilai akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Religius
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iftah Bahrol 'Ulum sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:09
Last Modified: 11 Oct 2022 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item