ANALISIS PERAN AGEN MELALUI EDUKASI LITERASI ASURANSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH ASURANSI SYARIAH (Studi Kasus Pada Nasabah PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto)

Tri Ana, Agustina (2022) ANALISIS PERAN AGEN MELALUI EDUKASI LITERASI ASURANSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH ASURANSI SYARIAH (Studi Kasus Pada Nasabah PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Skripsi Tri Ana Agustina_1817202085_FIKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Literasi asuransi syariah merupakan kegiatan dalam mendukung pertumbuhan keuangan syariah di masa depan, karena pemahaman dan kesadaran adalah kunci pertumbuhannya. Agen asuransi Syariah yaitu orang yang bekerja pada badan usaha, yang bertindak untuk dan atas nama Perusahaan Asuransi Syariah dan memenuhi persyaratan untuk mewakili Perusahaan dalam memasarkan produk asuransi syariah kepada masyarakat. Pihak perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan literasi asuransi dan peran agen asuransi syariah. Keputusan nasabah berminat karena pemahaman terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh seorang agen asuransi. Dalam asuransi syariah di Indonesia terdapat produk Asuransi Jiwa dan Produk Asuransi Kerugian. Dalam penelitian ini, masalah umum yang ditemukan adalah bagaimana tingkat literasi asuransi seorang nasabah dan peran agen dalam meningkatkan keputusan nasabah asuransi syariah untuk menggunakan Produk Asuransi Kerugian PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik membercheck dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Literasi asuransi nasabah PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto masih rendah dilihat dari pemahaman dan pengetahuan terhadap asuransi syariah beserta akad-akadnya masih kurang dan jarang memperoleh informasi terkait asuransi syariah selain dari pihak agen asuransi. Untuk peran agen dalam meningkatkan keputusan nasabah asuransi syariah di masa Pandemi Covid-19 ini sudah dikatakan cukup baik. Namun masih banyak yang harus dibenahi terkait kinerja agen dalam menawarkan produk asuransi kepada masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto dalam meningkatkan literasi asuransi nasabah cukup giat dengan mendatangi langsung dan mengedukasi langsung calon nasabah baru/lama, serta peran agen melakukan upaya sekuat tenaga dalam menstabilkan perusahaan pada masa Pandemi Covid-19. Kemudian PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto juga melakukan pengarahan terhadap agen melalui program “Knowledge” dan kegiatan “Rabu Pintar” yang dilakukan 2 kali dalam sebulan kepada semua agen agar senantiasa mempunyai motivasi untuk mencapai target perusahaan. Kata Kunci : Literasi Asuransi, Peran Agen, Keputusan Nasabah, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Asuransi, Peran Agen, Keputusan Nasabah, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Tri Ana Agustina sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:39
Last Modified: 11 Oct 2022 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item